Selasa, 09 Juli 2013

KEBERKAHAN DI BULAN RAMADLAN

Di bulan ramadlan 1434 H Pengurus IAA Daerah Surabaya mengadakan kegiatan selama bulan ramadhan yaitu bagi teman-teman masih berada di Surabaya agar memanfaat Bulan Ramadlan ini kepada hal-hal yang lebih baik seperti Shalat Tarawih bersama, Tadarus, dan bincang-bincang santai.

Selasa (malam Rabu) (09/07/13),  teman-teman melaksanakan shalat tarawih, Tadarus bersama di Masjid Ulul Albab IAIN Sunan Ampel Surabaya. Sebelum adzan isya’ teman-teman dari berbagai kosan ada sekitar lima orang yang ikut berangkat bersama menuju Masjid dengan mengendarai sepeda motor ya, karena jaraknya agak lumayan jauh dan semua mahasiswa ataupun masyarakat serikat harus lewat pintu depan kampus. Setibanya di tempat teman-teman langsung masuk Masjid dan mengambil shaf untuk melaksanakan shalat isya’ berjamaah.

Jarum jam menunjukkan 19:12 WIB salah seorang pengurus lembaga keagamaan Masjid ulul albab menyampaikan sambutan yang intinya terkait dengan kegiata ramadlan di Masjid ulul albab untuk memberikan wadah kepada para jama’ah di bulan Ramadan yang bermanfaat di antaranya yaitu ngaji kitab riyadhatus shalihin setiap pagi dari hari senin sampai jum’at, Kultum sebelum melaksanakan buka bersama, ta’jil dengan membagikan kurma dan segelas air minum, dan belajar al-qur’an bagi yang ingin mengikutinya gratis tanpa bayar sepeserpu.

Sebelum shalat tarawih di mulai, ada penyampaian khotbah  sekitar 10 menit yang kebetulan di malam pertama diis langsung oleh rektor IAIN Sunan Ampel (Prof. Dr. H. Abd. A’la, M.Ag). beliau menyampaikan dengan sangat bahagianya kita semua terutama ummat islam bisa melaksanakan kembali ibadah bulan puasa yang isnyaallah akan lebih baik dari sebelumnya, walaupun mungkin ada sebagian ummat yang tidak bisa melaksanakan ibadah puasa karena sakit parah, usia lanjut dan sebagainya dan kita bisa mengambil hikmah dari hal itu semua.


Maka di bulan ramadlan ini mari kita selalu berusaha untuk selalu melakukan hal yang lebih baik dan lebih seterusnya ungkap beliau (Kiai A’la) sambil tersenyum. Puasa itu sudah dilaksanakan Nabi Muhammad Saw sejak tahun hijriyah kedua walaupun sebelumnya perintah puasa itu sudah ada. Puasa tidak hanya menahan lapar, minum, melakukan  hubunga intim,dan menjalankan hanya sebagi ‘tradisi’  akan tetapi bagaimana kita bisa lebih meningkatkan ke-taqwa-an kita kepada Allah. @ra
Doc. iaa surabaya

Doc. iaa surabaya
Share:

0 komentar:

Profil

Foto saya
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Ruang ekpresi dan kreasi Ikatan Alumni Annuqayah (IAA) Daerah Surabaya. Untuk menampung seluruh kegiatan dan karya-karya tulis sebagai media informasi alumni annuqayah daerah surabaya yang sesuai dengan visi dan misinya.

Arsip